//
you're reading...
Berita

DRAF POKOK-POKOK KEBIJAKAN IPABI DKI JAKARTA PERIODE 2011-2014

 

 

  1. ISU STRATEGIS
    1. Isu Internal
      1. Sertifikasi pamong belajar dalam rangka menuju profesionalisme pamong belajar, dan tunjangan profesi pamong belajar.
      2. Pamong Belajar belum tercantum dalam PP 19 tahun 2005.
      3. Disparitas ketugasan Pamong Belajar di P3PNFI (SKB), ke depan akan ada PKBMN dan belum adanya Permendiknas yang mengatur standar Kompetensi Pamong Belajar.
      4. Organisasi/IPABI belum dirasakan keberadaannya oleh anggota dan manfaat adanya organisasi PB.
      5. Jumlah PB semakin berkurang karena banyak yang alih jabatan karena pindah ke structural, ataupun yang ditugasnya di luar P3PNFI.

         

    2. Isu Eksternal
      1. Jabatan Pamong Belajar belum sepenuhnya dikenal oleh masyarakat.
      2. Perkembangan ragam dan dinamika PNFI menuntut PB yang lebih professional.
      3. Belum adanya standar kompetensi PB yang disahkan.
      4. Model sertifikasi PB sedang disusun.

         

  2. POKOK-POKOK KEBIJAKAN
  3. Melakukan konsolidasi organisasi, dilakukan melalui:
    1. Pendataan anggota biasa, melakukan pemutakhiran data berkoordinasi dengan petugas pendataan NUPTK untuk mendapatkan softcopy data Pamong Belajar.
    2. Pendataan anggota kehormatan. Banyaknya Pamong Belajar yang telah diangkat menjadi pejabat struktural di berbagai instansi merupakan potensi yang dapat dikembangkan guna menguatkan organisasi. Anggota kehormatan memiliki potensi untuk memikirkan pengembangan organisasi dan jejaring.
  4. Melakukan pembinaan kepada pengurus dan anggota IPABI dalam rangka meningkatkan profesionalisme Pamong Belajar.
  5. Melakukan sosialisasi keberadaan Pamong Belajar dan IPABI DKI Jakarta.
    1. Membuat website/blog dengan berita dan artikel PNFI.
    2. Melakukan sosialisasi melalui media elektronik dan media cetak.
    3. Mendorong anggota IPABI untuk menulis pada blog atau web lainnya yang berisi tentang pelaksanaan tugas pokok Pamong Belajar atau pengalaman lapangan yang terkait dengan pendidikan nonformal dan informal.
  6. Mendukung kebijakan IPABI Pusat dalam memperjuangkan adanya tunjangan fungsional jabatan Pamong Belajar dan sertifikasi kompetensi Pamong Belajar.
  7. Menjalin kemitraan dengan organisasi/asosiasi yang terkait.
  8. Mengembangkan Ikatan Pamong Belajar Indonesia menjadi sebuah organisasi profesi yang dilakukan dengan:
    1. Penegasan Pamong Belajar sebagai pendidik.
    2. Adanya standar kualifikasi dan kompetensi Pamong Belajar.
    3. Memberikan masukan guna penyusunan kode etik profesi Pamong Belajar.
    4. Mempererat kesejawatan Pamong Belajar.
  9. Menyusun program diselaraskan dengan pokok-pokok kebijakan IPABI Pusat.
  10. Menyusun dan melaksanakan kegiatan pengembangan profesional PB berkelanjutan dan kesejahteraan PB yang kreatif inovatif.
  11. Berkoordinasi dengan IPABI Pusat baik langsung maupun tidak langsung (melalui media).

 

 

 

About ipabijakarta

Organisasi Profesi Pamong Belajar Provinsi DKI Jakarta

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: