//
you're reading...
Kegiatan

DIKLAT PAUD TINGKAT DASAR TAHUN 2012

Tahun 2012 Organisasi profesi pamong belajar (Ikatan Pamong Belajar Indonesia = IPABI) DKI Jakarta mengusulkan program penyelenggaraan Diklat PAUD Tingkat Dasar tahun 2012, dan IPABI DKI Jakarta mendapat amanah untuk jadi training provider setelah melalu seleksi dan bersaing dengan sekitar 160 an proposal yang masuk dari orsosmas seluruh Indonesia.

Pada bulan April 2012 IPABI DKI Jakarta yang diwakili langsung oleh penanggung jawab dalam hal ini Ketuanya menanda tangani akad kerjasama antara pemberi amanah yaitu Direktorat PPTK PAUDNI Kemendibuk dengan IPABI DKI Jakarta. Kegiatan tersebut jg memastikan jadwal pelaksanaan kegiatan dan memperbaiki kekurangan proposal.

Sesuai dengan jadwal dan didukung oleh pembiayaan maka kegiatan dilaksanakan dalam tahapan berikut : 1) kegiatan tatap muka sebanyak 48 jam pada tanggal 2-6 Juli 2012, yaitu kegiatan pembelajaran (teori dan praktek) di Kampus P3PNFI DKI Jakarta; 2) kegiatan tugas mandiri sebanyak 200 jampel atau 200 hari efektif di lembaga PAUD masing-masing peserta yang sampai tulisan ini diturunkan masih dilaksanakan yang diperkirakan Juli s.d. September 2012, pelaksanaan tugas mandiri direncanakan oleh peserta bersama ketua lembaganya sekaligus di bawah pengawasannya. Kemudian Peserta diwajibkan membuat laporan tugas mandiri dan menyampaikannya pada pengelola kegiatan untuk selanjutnya dinilai oleh tim evaluasi. Dengan ditetapkannya akhir peserta, tanggungjawab pengelola adalah melaporan hasil kegiatan pada pemberi dana.

Tapi ada satu kegiatan tindak lanjut yang lebih penting yang harus di dorong oleh pengelola, yaitu mengikut sertakan peserta pada uji kompetensi Pendidik PAUD, yang dilaksanakan oleh LSK PAUD melalui tempat uji kompetensi (TUK) di masing-masing daerah, dan kebetulan sekali DKI belum mempunyai TUK PAUD.

IPABI DKI Jakarta telah berkonsultasi dengan LSK PAUD, dan mendapat informasi bahwa tahun 2012 baru ada 3 TUK PAUD di Indonesia, termasuk DKI Jakarta belum mempunyai TUK. Untuk itu IPABI DKI Jakarta mendorong lembaga Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P3PNFI) DKI Jakarta untuk mengusulkan pada LSK sebagai tempat uji kompetensi PAUD, dengan pertimbangan potensi SDM dan sarana prasarana yang ada. Mudah-mudahan bisa terealisasi dalam waktu yang tidak begitu lama, mengingat sudah adanya peserta uji kompetensi khususnya yg telah mengikuti diklat PAUD tingkat dasar, walaupun sebenarnya bisa saja ikut uji kompetensi secara mandiri atau tanpa mengikuti diklat.

IPABI DKI Jakarta berharap semua peserta yang lulus diklat, dan lulus uji kompetensi yang nanti akan diikuti…. Selamat kepada peserta, teruslah belajar dan berkarya, demi meujudkan generasi bangsa masa depan yang berakhlak mulia, berkarakter, cerdas, kreatif, mandiri dan segudang kata lain yang lebih baik…

Terimakasih kerjasamanya, salam satu hati..

 

About these ads

About ipabijakarta

Organisasi Profesi Pamong Belajar Provinsi DKI Jakarta

Diskusi

2 thoughts on “DIKLAT PAUD TINGKAT DASAR TAHUN 2012

  1. saya mau menanyakan apakah setelah mengikuti platihan paud tingkat dasar dan menyelesaikan tugas mandiri.kami harus menunggu berapa lama untuk menunggu hasilnya…? dan apakah himpaudi daerah yang menilai atau kah pusat yg menentukan lulus atau tidak nya mengikuti diklat dasar

    Posted by ferderika | September 1, 2012, 12:03 pm
    • Keputusan lulus atau tidak lulus diklat ditetap oleh penyelenggara Diklat. Paling butuh waktu untuk penilaian laporan dan aka diberikan sertifikat diklat dasar.
      Kalau uji kompetensi nanti harus daftar di TUK PAUD dan sertifikat uji kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompotensi (LSK) PAUD.

      Posted by ipabijakarta | September 11, 2012, 4:44 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: